Jumat, 03 Januari 2014

Pengalaman Operasi Tumor Payudara




Aku lupa apakah aku sempat menceritakan padamu sekitar 4 tahun lalu, ketika aku masih magang di mkaa, sebelum lulus kuliah, aku menemukan sebuah benjolan di payudara kiriku. Waktu itu aku kaget banget, dan langsung mengira itu adalah kanker payudara. Tapi setelah pemeriksaan ke dokter dan mendengar cerita beberapa teman yang juga mengalami hal sama, benjolan itu kemungkinan besar bukan kanker, tapi FAM (Tumor jinak) yang biasa tumbuh karena pengaruh hormon, dan biasa diidap oleh wanita usia muda. Ciri-cirinya benjolannya mobile (bisa digerakkan dengan leluasa), dan tidak ada ciri seperti ruam atau keluar cairan darah dari puting, payudara yang melesak dan berubah tekstur dll. Payudaraku terlihat mulus mulus saja, hanya ada benjolan sebuah yang teraba.
Dokter bilang aku harus operasi pengangkatan benjolan itu. Cuman karena waktu itu orang tua ku blm punya biaya, operasi ditunda. Lalu aku menemukan terapi alternatif sengatan lebah, yang sama sekali tidak ada hasilnya. Aku kemudian mencoba alternatif lain, yang kata orangnya terapi sinar apa gitu… yang tidak berhasil juga. Lalu aku menikah, hamil dan menyusui, penyebab aku urung operasi juga karena takut mengganggu proses kehamilan dan menyusui.
Baru sebulan belakangan ini, setelah selesai menyapih anakku Edelweis (2 thn), aku (25 tahun) aktif periksa ke dokter lagi. Memang aku merasa benjolan itu tidak berubah, segitu-gitu aja, dan tak ada yang berubah di payudaraku. Tapi aku masih merasa was was dan semakin khawatir, keadaan payudaraku nanti bakal memburuk jika penyakit ini dibiarkan terlalu lama. Apa lagi aku baca-baca artikel di internet kalau tumor jinak juga bisa berubah ganas kalau dibiarkan bertahun-tahun. Meskipun aku sangat takut operasi, sepertinya aku tidak mempunyai pilihan lain, hiks.
Aku mulai searching di web tentang dokter bedah onkologi (yang khusus menangani tumor dan kanker) di Bandung. Aku menemukan beberapa nama, tapi kebanyakan praktek di rs swasta. Suamiku menyarankan untuk ke RS Hermina Sukabumi, pertimbangan karena dekat dengan tempat tinggal (aku tinggal di Cianjur). Selain itu dulu sewaktu hamil aku cek up di Hermina Pasteur, yang pelayanannya cukup memuaskan, meskipun memang agak mahal, hehe. Lupakan opsi dokter bedah di Cianjur, yang disarankan ya dokter itu-itu aja, dan aku kurang suka dengan orangnya karena jutek. Plus pamanku pernah punya pengalaman kurang memuaskan dengan dokter itu. Tidak ada pelayanan medis yang menjanjikan di Cianjur. Apalagi ini masalah pembedahan organ yang agak ‘sensitif’, jadi aku tak mau sembarangan juga.
Berangkatlah aku ke RS Hermina Sukabumi pada 17 Desember 2013. Aku bertemu dokter spesial bedah biasa (tak ada embel-embel onkologi di belakangnya). Seperti  dokter-dokter sebelumnya, dia menyarankan untuk operasi. Dokter itu mengatakan hal-hal yang mengerikan. Katanya benjolan di payudaraku itu 75% jinak tapi 25% bisa jadi ganas. Kalo ganas tindakan selanjutnya adalah pengangkatan payudara, lalu kemoterapi radioterapi dll. Cerita-cerita yang bikin aku shock banget. Setelah selesai diperiksa oleh dokter itu, aku menelepon suamiku sambil nangis-nangis ketakutan di tempat parkir, pokoknya udah ga tau malu lagi deh, hihi. Aku sangat terpukul dengan kemungkinan kanker, rasanya lebih baik mati saja daripada harus pengangkatan payudara, kemo dll yang juga memiliki banyak efek samping (rambut rontok, kulit gosong dll), Oh ya biaya operasi di Hermina biayanya sekitar 10jutaan, itu juga kelas III, dan belum termasuk visit dokter, pajak, obat-obatan dll. Aku pun mencari alternatif yang lebih murah, pilihanku jatuh ke RSUP Hasan Sadikin Bandung.
Tanggal 23 Desember aku berangkat ke bandung, kali ini suamiku bisa mengantarku pergi untuk cek ke RSHS. Seperti hal-hal yang terjadi di RS pemerintah, pasien sangat membludak, dengan antrian dan adminsitrasi yang cukup ribet. Jam 12 siang jadwal dokternya dimulai. Namanya dr. Dimyati Ahmad SpB K(onk), kali ini benar-benar dokter spesialis bedah onkologi.
Dr. Dimyati ini kelihatan cukup berumur dan berpengalaman. Dan di luar dugaan, dia ramah sekali. Untuk kesekian kalinya aku menjelaskan benjolan di payudaraku di depan seorang dokter. Dia kemudian memintaku untuk berbaring di meja periksa dengan dibantu suster.
Setelah ‘rabaan’nya dia mengangguk-ngangguk dan berkata, “Yah, FAM (tumor jinak). Jangan dipelihara ya, harus dioperasi.”
Kemudian dia tanpa aku minta menjelaskan tentang kelenjar yang ada di payudara, dan kenapa bisa ada benjolan dll yang membuat pikiranku tenang. Tapi dia tetap menambahkan, “Setelah dioperasi harus pemerikasaan patologi untuk memastikan, tapi menurut pengamatan saya benjolan itu jinak.”
Lalu dia (yang juga tanpa aku minta) menjelaskan proses pembedahannya. “Nanti sayatannya dilakukan di sekitar areola (daerah gelap sekitar putting), jadi tidak akan terlalu kelihatan bekas operasinya.”
Hal yang berbeda yang aku dengar sebelumnya dari dokter bedah di Sukabumi itu, yang mengatakan kalau benjolanku sudah sekitar 3cm, jadi harus dilakukan sayatan panjang, tidak bisa di areola yang bisa menyamarkan bekas luka. Well, syukurlah aku tidak jadi operasi dengan dokter itu dan bertemu dengan dr. Dimyati. dr. Dimyati sangat ramah dan menanamkan pikiran positif pada diriku. Menurutku kepiawaian berbicara juga penting dimiliki seorang dokter. Seberapa parah pun penyakit yang diderita pasien, alangkah lebih baik jika sang dokter bisa menyampaikan dengan cara yang positif dan tidak terkesan menakuti. Bukankah sugesti positif sangat berpengaruh pada faktor kesembuhan pasien? Plus aku tak jadi punya luka sayatan panjang bekas operasi jika aku dioperasi oleh dokter bedah Sukabumi itu, melainkan luka operasi tersamar oleh dokter Dim. Second opinion ternyata sangat berguna, ya?
“Lalu dokter kapan bisa operasi?” tanyaku.
“Mbak maunya kapan?” tanyanya balik. “Besok boleh, kalau tdak hari jum’at (tgl 27). Sekarang saya buatkan surat pengantar cek lab dan rontgen. Sekarang mbaknya daftar ke gedung... (aku lupa namanya) lt.4 untuk pendaftaran operasi. Teknis dan rincian biaya juga bisa ditanya di sana” Lalu dokter Dimyati dengan senang hati membuatkan denah lokasi menuju gedung pendaftaran operasi yang dimaksud, yang aku berterima kasih sekali karena RSHS sangat besar hingga peluang tersesat sangat besar juga.
Setelah berunding dengan suami, katanya daripada habis biaya, waktu dan tenaga lagi memang lebih baik besok langsung operasi, biar cepat tuntas semuanya. Aku pun mendaftar untuk jadwal operasi besok, dan bergegas pergi ke Pra***a Lab untuk cek lab dan rontgen, karena di sana hasilnya bisa keluar hari itu juga.
Mendengar aku mau langsung dioperasi besok, kedua orang tuaku langsung menyusul dari Cianjur ke Bandung. Kami pun menginap di sebuah hotel di kota Bandung. Paginya pukul 7.30 aku sudah siap di ruang tunggu di lt.4 karena kata ibu Siti (petugas yang megurusi pasien untuk daftar operasi) bilang kalo aku harus berada di sana paling lambat jam 8. Ternyata aku kepagian, ibu Siti nya juga belum datang, kulihat di kaca di dalam hanya ada beberapa staf medis berpakaian hijau dan bermasker. Akhirnya setelah bu Siti dan beberapa pegawai administrasi datang, aku mendaftar ulang dan menandatangani beberapa berkas, lalu menunggu untuk dipanggil
Makin siang  ruang tunggu makin penuh oleh pasien dan keluarga pasien yang entah mau apa. Yang jelas di pintu masuk memang tertera tulisan, “BEDAH MINOR DAN ENDOSKOPI”. sambil bertanya-tanya dalam hati apakah Endoskopi itu, aku terus-terusan berdo’a pada Allah SWT dimohon kelancaran. Jujur saja aku sangat takut sekali. Ini pertama kali aku operasi, bius total. Ada sedikit kekhawatiran setelah dibius aku tidak akan bangun lagi, atau operasinya mengalami kegagalan dsb, hehe.
Setelah beberapa lama nama ku pun dipanggil, aku menemui seorang staf medis perempuan berbaju hijau dan berkerudung yang ramah, yang menanyakan apakah aku alergi obat, atau punya penyakit serius dengan sistem pernafasan seperti sesak nafas dll. Aku kemudian diminta ganti baju dengan ‘baju operasi’, yah aku menyebutnya begitu karena aku tak tahu namanya apa. Warnanya hijau, bahannya agak kaku berbentuk terusan sampai ke betis dengan kedua lengan yang panjang. Penutup kepalanya berwarna hijau juga. Baju bahkan sampai dalaman harus dilepas, semua perhiasan bahkan ikat rambut harus dilepas. Aku agak ga nyaman memakai ‘baju operasi’ itu, karena itu kan bekas ratusan bahkan ribuan orang lain yang juga akan melakukan pembedahan atau entah apa. Apalagi ada beberapa noda samar entah apa yang terlihat di sana sini. Aku berbaik sangka saja bahwa baju itu telah dicuci bersih sebelumnya sebelum aku pakai.
Ketika di ruang ganti aku bertemu mbak-mbak yang sedang ganti baju operasi juga, tubuhnya terlihat kurus sekali, seperti sapu lidi.
Iseng aku bertanya, “Mau operasi juga ya?”
Mbak itu tersenyum, terlihat lemah. “Bukan, “ jawabnya. “Mau cuci darah.”
Aku hanya bisa menjawab ooohh yang panjang, sambil mengingat-nginta dalam hati penyakit apa gerangan yang harus cuci darah, sampai pada kesimpulan, mungkinkah leukemia? Glek!
Keluar dari ruang ganti aku clingukan, keluarga pasien tak boleh masuk ke dalam ruangan. Mereka harus menunggu di ruang tunggu. Sampai beberapa saat kemudian ada staf medis pria bermasker berpakaian hijau (catt: semua staf medis di sana berpakaian hijau dan bermasker  ya jadi sudah tidak perlu aku sebut lagi nanti, hihihi) bertanya padaku, “Ibu Noviana ya? Mari ke sini, ke sebelah kanan ada kasur, berbaring saja di sana,” katanya dengan ramah, dia membantuku untuk naik ke atas kasur.
Aku duduk di kasur, menunggu. Ada 4 ranjang di sana, semuanya terisi. Dua ranjang di kananku berisi ibu-ibu yang entah mau apa juga. Satu ranjang di sebelah kiri ku berisi seorang laki-laki yang berbaring diam, saat melihat tangannya yang dimasuki selang infus seperti berdarah aku memalingkan muka. Sementara ruangan sangat dingin, entah kenapa, dingiiinn sekali, sampai-sampai aku menggigil. Mungkinkah pendingin ruangan? Mungkinkah suasananya? Mungkinkah yang lain? Entah lah.
Beberapa saat kemudian staf medis laki-laki tadi datang membawa kantong infus, beberapa jarum, dan tiang infus nya. Dia ditemani lagi dengan rekannya, seorang laki-laki dan perempuan. Kuperhatikan staf-staf medis di sana rata-rata terlihat masih muda, kira-kira seumuranku, 20 tahunan atau 30. Staf medis perempuan lalu mengeluarkan jarum untuk ditusukkan ke atas telapak tangan bagian atas ku untuk memasukkan selang infusnya. Proses penusukan jarum infus ini adalah bagian yang lumayan menyakitkan bagiku. Karena staf medis perempuan itu tak juga menemukan pembuluh darah vena di tanganku. Berkali-kali jarum itu dimasukkan, terus dikeluarkan lagi, dimasukkan lagi, aku sampai menjerit-jerit kesakitan.
Karena staf medis perempuan itu tak kunjung berhasil memasukkan selang infus ke alran darahku, maka staf-staf medis yang lain datang mengarahkan, kulihat juga ada dokter-dokter yang terlihat lebih senior mendatangi dan mengarahkan dengan lebih keras, lalu menyuruhku mengepalkan tangan lalu membukanya lagi agar pembuluh vena-ku bisa terlihat.
Akhirnya setelah beberapa saat pergulatan yang menyakitkan, jarum itu masuk dengan benar di aliran darahku. Staf medis perempuan yang beberapa saat lalu 'menyiksaku' itu mendekat ke arahku, hingga aku bisa melihat kartu nama yang tergantung di bajunya, “Dokter Muda Anestesi”. Oh ya ampuuunnn pantas, jadi aku dipakai belajar ya mbak. Yah gpp semoga jadi dokter anestesi yang hebat ya. Aku sebenarnya ikhlas-ikhlas saja, yang membuat pikiranku tenang adalah, dokter-dokter paling hebat dan bepengalaman sekalipun pasti harus melalui tahap belajar dulu, seperti yang dilakukan dokter muda ini.
Seorang staf bedah perempuan berkerudung yang pertama kali menemuiku mendekatiku kembali, menanyakan kondisiku dan berkata kepadaku bahwa operasinya akan segera dimulai. Glek! Aku langsung gugup lagi. Aku pun dipapah di sisi kanan oleh dirinya. Sedangkan di sisi kiri seorang staf bedah laki-laki tadi juga memapahku sambil membawa infusanku.
Aku masuk ke kamar operasi no. 1, lalu diminta berbaring di meja operasi. Yah penampakkan kamar operasi itu tidak jauh berbeda dengan kamar operasi yang aku lihat di adegan film-film. Ada alat monitor untuk jantung yang entah apa namanya, lalu ada lampu bedah, dan beberapa alat lain yang tidak kuperhatikan. Untung aku tidak melihat berbagai peralatan operasi seperti pisau bedah, gunting dll, karena melihat hal itu aku akan semakin nervous. Aku berbaring, dan melihat lampu bedah yang tidak menyala sekitar satu meter dari mukaku. Beberapa staf bedah lain ikut memenuhi kamar, wah ternyata yang ikut operasi banyak juga ya. Dokter Dimyati juga sudah datang memakai maskernya. Aku juga melihat Dokter senior lain yang bertanya lagi padaku apa aku ada alergi obat, penyakit sesak dll, kupikir dia adalah dokter anestesinya, karena kemudian dia lah yang menyuntik obat bius ke selang infusku.
Dokter Anestesi lalu mengajakku mengobrol beberapa hal, seperti darimana asalku dll. Lalu kemudian dia memintaku berdo’a, baca al-fatihah karena operasinya dimulai sekarang. Mendengar itu aku tambah dag dig dug, sampai-sampai staf medis berkerudung bertanya, “Mbak, mbak Noviana gugup ya?” Mungkin terlihat dari monitor detak jantungnya, hihihi.
“Siap ya, biusnya saya masukkan sekarang, sedikit aja dosisnya,” kata dokter anestesi itu. Dia lalu menusukkan tabung berisi bius ke dalam selang infusku. Aku mulai merasakan tanganku yang ditempelin selang infus terasa pegal luar biasa, menandakan biusnya sudah mulai masuk aliran darahku. Aku menatap lampu bedah yang ada di atas wajahku, sambil terus berdo’a, dan mulai merasakan mataku berat. Aku mengedip, sekali. Aku mengedip lagi, dua kali. Lalu mataku terasa berat sekali, hingga aku akhirnya menutup mata, tenggelam dalam kegelapan tidur yang dalam…..
Entah berapa lama, aku tiba-tiba mendengar sebuah suara perempuan, suara seorang perawat. Rasanya seperti ditarik dari kegelapan menuju cahaya. Aku hanya bisa mengerjap-ngerjapkan mata. Aku tidak ingat apa yang dkatakan perawat itu, tapi aku hanya menjawab singkat, “Dingin.” Karena memang itu lah yang aku rasakan, aku menggigil kedinginan. Kurasakan perawat itu membenarkan letak selimutku. Aku mengerjap-ngerjapkan mataku lagi, kelopak mataku terasa berat sekali untuk membuka. Samar-samar kulihat aku telah berada di ruang pemulihan. Selang infus sudah dilepas dari tanganku. Yang ada malah selang bantu oksigen yang masuk melalui kedua lubang hidungku. Lalu kurasakan sakit di dada kiriku, tempat pembedahan tadi dilakukan.

Samar-samar kulihat Mama berdiri di samping kasurku. Mama kemudian dipanggil oleh seorang suster untuk menemui dokter Dimyati, untuk memberikan benjolan yang selama ini telah bersarang di payudaraku dan memberikan beberapa instruksi. Suamiku datang menngambil benjolan itu yang disimpan dalam sebuah tabung kaca, untuk diserahkan ke lab patologi untuk diteliti jenisnya. Sebelum pergi dia menggoyang goyangkan botol kacanya di depanku untuk menunjukkan benjolan itu. Aku yang masih lemas dan sulit membuka mata tidak bisa melihat itu dengan jelas. Aku ingin berteriak “tolong fotokan!” tapi aku terlalu lemah untuk bicara. Jadinya benjolan itu tidak terdokumentasikan.
Sejam setelahnya aku merasa baikan, dan bisa segera langsung pulang hari itu juga. Seminggu kemudian aku kontrol ke dokter Dimyati, disambut dengan keramahannya yang luar biasa, dan membuka jahitan bekas operasiku. Hasil Patalogi Analisis si benjolan juga sudah keluar. Dan Alhamdulillah Wasyukirillah Ya Rabb… hasilnya memang tumor jinak, Fibroadenoma (FAM) Mammae Sinistra, dan tidak menunjukkan tanda-tanda ganas (kanker). Tapi ukurannya luamayan sudah besar juga 4x3,5x2,5cm. jadi pilihanku untuk operasi memang sudah tepat. Kalau tidak mungkin nanti akan semakin membahayakan.
Ohya untuk sekedar informasi, biaya operasi di RS Hasan Sadikin Bandung adalah 6 juta (tahun 2013). Itu biaya operasi + cek patologi. Lumayan terjangkau, dan pelayanannya pun cukup memuaskan ko, jadi tidak rugi lah. Malah aku senang sekali lebih memilih operasi di sini daripada di sukabumi, ditangani dokter yang lebih berpengalaman dan biaya yang lebih murah. Staf-staf medisnya juga ramah-ramah. selain memang RSHS agak selalu penuh dan mungkin banyak dokter muda yang praktek, tp ya positif thinking saja lah, hehe. Kalau di rumah sakit swasta biayanya paling murah bisa 10-15 juta.
Dan, terakhir, untuk saudara-saudara perempuanku di luar sana yang mengalami penyakit yang sama yang aku alami, jangan takut untuk segera melakukan tindakan operasi jika menemukan benjolan. Lebih cepat ditangani lebih baik. Jangan tergiur dengan tawaran pengobatan alternatif yang tidak jelas juntrungannnya. Aku telah mencoba dua jenis pengobatan alternatif dan semuanya NONSENSE. Sebelum operasi jangan lupa untuk terus berdo’a diminta kesembuhan padaNya, karena penyakit dan ujian datang dariNya dan hanya dariNya lah kesembuhan datang. Insyaallah semuanya proses akan lancar. Proses penyembuhan pasca operasinya juga tidak terlalu lama. Kalau baru beberapa hari sih masih kerasa agak sakit dan kaku_jangan dulu bekerja yang berat-berat, istirahat yang cukup. Baru sekitar seminggu setelah operasi bisa beraktivitas seperti biasa.
Oh ya, kita perempuan juga WAJIB melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri), kalau menemukan benjolan sekecil apa pun segera ke dokter. Makin dini sebuah penyakit ditangani makin besar harapan sembuh dan juga makin sedikit biaya yang dikeluarkan. Aku sih cuman agak beruntung aja mendiamkan sebuah benjolan selama 4 tahun. Aku tidak akan melakukan itu lagi kalau menemukan (semoga tidak) benjolan lagi.
Gud Luck, then... :)

168 komentar:

tiur mengatakan...

gudlak ya dh sembuh ;-)
jan 2014 lalu saya juga kena FAM dan kista payudara. disuruh dokter untk operasi. tp sya memutuskan utk tidak oprasi. krn FAM tdk menimbulkan kanker. FAM hanya klainan payudara.
sejak februari kmrn saya mencoba jd raw vegan dan minum jus wortel 2,5 kg setiap hr. hasilnya??? kmrn (stlh 1,5 bln jd vegan) FAM saya mengecil !! saya akn teruskan pola hidup mkn sprti ini smpe smbuh. Dokter itu biasany suka nakut2in klo FAM bisa brubah jd kanker. spy RS ada pemasukan laahh =~D
sya bnyak baca artikel2 di blog luar negeri yg bercerita mrk sembuh dari FAM, tumor dan kanker hnya dgn mngkonsumsi raw food dan biji2an ditambah 2,5 kg jus wortel stiap hari !! =~)

cuma kata-kata mengatakan...

Wah Informasinya sangat bermanfaat

Saya fani 23 tahun,
saya baru divonis terkena tumor payudara sekitar bln januari 2014 lalu, waktu bln januari ukuranya hanya 3 cm tetapi kmrn di cek sudah lebih besar.
dokter pun memutuskan untuk segera oprasi karena adiknya papah punya riwayat kankeng payudara, oleh sebab itu saya harus oprasi meskipun tumor itu jinak.

setelah membaca blog ini saya sedikit merasa tenang,
rencananya saya akan dioprasi pada 7april 2014 mendatang.
mohon doa untuk kelancaranya oprasinya ya mba..

pengalaman saya ikut MMM mengatakan...

makasih banget infonya sangat membantu...

Unknown mengatakan...

thank infonya lumayan menenangkan..
saya juga baru terdeteksi ada tumor di payudara, lgsg ngerasa shock karena bener2 ga nyangka penyakit itu bisa bersarang di badan saya.. awalnya oleh dokter hanya diinfo bahwa ada 2 benjolan di kanan dan kiri (lebih kecil ukurannya), trnyata setelah di usg ada 7 benjolan (OMG!!), saya tambah shock, ya walopun sebagian besar ukurannya msh kecil.. tp kebayang kalo ada 7 sayatan di payudara.. bakal jd apa bentuknya.. :(
saya belum bisa memutuskan utk operasi, jujur msh parno. . dokter pun ga menyarankan utk operasi secepatnya, hanya disuruh utk siap mental dulu..

mohon doanya yah semoga saya cepat siap..

chu_ndut mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Makasih banyak mbak info.

Mau tanya. Apakah operasi jalan terbaik dan mengurangi potensi kanker? Perawatan yg mbak lakukan stelah operasi sampai saat ini?

Saya blum menikah,,operasi tumor jinak itu tdk akan mempengaruhi kehamilan dan menyusui kan ya mbak?

Katumbiri Noviana mengatakan...

@Tiur: Kalo menurut saya setiap orang punya jodoh kesembuhan sendiri-sendiri, klo boleh menyebut sih cocok2an. saya juga udah nyoba beberapa macam pengobatan herbal, namun entah karena malas ato gimana, sistem pengobatan itu g cocok di saya, ujung2nya operasi juga. syukurlah kalo mbak sembuh alami n g usah operasi. soalnya operasi bikin jantung dagdigdug juga, hehe

Katumbiri Noviana mengatakan...

@Cuma kata-kata: gimana sekarang operasinya mbak? amiiin semoga lancar n cepat sembuh ya, semangat!! :)

Katumbiri Noviana mengatakan...

@ Sitta Amalia: Gimana sekarang keputusannya mbak? Tenang aja yg ngalamin kasus seperti mbak banyak ko. dokter saya juga pernah bilang kalo dia pernah operasi sampe 10 benjolan. semoga dapat jalan terbaik ya, semangat!! :)

Katumbiri Noviana mengatakan...

@Anonim: Apakah operasi jalan terbaik dan mengurangi potensi kanker? Mungkin, karena menurut dunia medis seperti itu :)

Perawatan yg mbak lakukan stelah operasi sampai saat ini? Ga terlalu diada adain sih,klo baru operasi jangan banyak bergerak aja. seminggu jahitan udah dilepas n luka udah mulai kering. sekarang2 kurangi makanan2 berkarsinogen kaya petsin, daging2 merah, berpengawet n berpewarna buatan. banyak makan sayur n buah

operasi tumor jinak itu tdk akan mempengaruhi kehamilan dan menyusui kan ya mbak? saya belum nambah anak lagi, jadi belum tahu kalo soal ini, tapi kayaknya sih ngga, struktur payudara juga ngga berubah ko, sayatan operasinya juga g keliatan jadi menurut saya g bakal ngaruh kalo menyusui. kehamilan juga kayanya g ngefek. operasinya cuman 2 jam ko, g minum obat-obatan terus menerus jadi kynya g terlalu ngefek ke tubuh cuman saat itu aja :)

ALL MINE mengatakan...

Hy salam kenal ya mba noviana. Tulisan yang bagus.. Makasih udah share pengalamannya.. Saya jadi agak sedikit tenang. Saya jg ada benjolan mba di payudara kanan saya, ukurannya kurang lebih sama sekitar 3cm. Awal mei lalu saya periksa di rs hermina bekasi, kebetulan memang cari dokter perempuan :')) malu kalo harus di raba2 sama dokter laki2. Hehe, sama seperti dokter pada umumnya, beliau jg menyarankan saya untuk segera operasi. Karna ga ada satupun obat atau alternatif yang bisa menghancurkan tumor jinak tsb. Hmmm tp sampe skg saya blm berani operasi, INSyaa Allah baru mau OP bulan juni ini. Mohon doanya ya. Buat mba2 yang mendapatkan penyakit yg sama, ayo semangaaatt. Semoga diberi kesembuhan. Aamiin. Oya mba novi, sekalian mau tanya bekas sayatannya dijahit atau di lem?

Mariyatul Qibtiyah Syam mengatakan...

pagi mba noviana :)
terimakasih atas ceritanyaa.
saya (20th) maria, kebetulan banget tanggal 4 april 2014 lalu saya operasi FAM juga di payudara kiri. dan hari ini kira2 sudah 20 harian pasca operasi.
namun saya sempat meraba payudara kiri saya yg habis di surgery, dan itu agak keras gitu bukan bemjolan sih namun seperti padet di daerah yg abis di operasinya kalao diraba / dirasain pake tangan mba. trus sampe hari ini juga masih suka nyeri, sakit karna pasca operasinya. namun saya masih bisa beraktifitas sih seperti kuliah dsb.
nah apakah mba novi juga merasakan hal yg sama?
atau saya mau tanya mba pasca operasi FAM apa mba masih suka sakit gitu bekas jaitannya? trus apakah jaitan operasinya mba novi ketika kontrol ke 2 sudah di cabut? dan apakah di cabut jaitannya itu semuanya? atau masih ada sisa jaitannya yg warna hitam itu?
saya mau sharing banyak sama mba. apa bisa?
email saya maria.qb93@gmail.com

Unknown mengatakan...

hi,,mba'novi.. saya linda,, salam kenal selalu .. saya juga merasakan hal yang sama di payudara sebelah kanan tapi saya masih belum berani memeriksa ke dokter.. kalo diraba memang ada benjolan sekitar 4cm , pertama tau shock bgt takut itu kanker payudara n mikir nya juga sudah macam2.. saya sudah berkeluarga dan punya 1 anak, umur 6thn.. takut kalo saya kenapa2, dy jadi terlantar tapi setelah saya cari di web n akhirnya baca pengalaman mba' rasanya plong tapi saya sgt takut sekali sama meja operasi,, apalgi ga kebayang kalo ngeliat pisau atau peralatan lainnya.. yg ingin saya tanyakan, apakah bekas jahitannya masih terasa sakit sampe skrg?? n berapa lama kira2 obat bius itu hilang?? setelah operasi sakitnya luar biasa ya mba atw biasa saja?? saya masih belum siap mental sama sekali..

Unknown mengatakan...

terimakasih byk mba atas infonya, adik perempuan saya jg rencana akan di operasi, semoga tidak kenapa2..

Katumbiri Noviana mengatakan...

@ All Mine: Semangat ya mbak, semoga cepet sembuh :). kalo saya dijahit, tapi jahitannya dibuka ko seminggu pasca operasi, jadi paling ada bekas samar aja

Katumbiri Noviana mengatakan...

@Mariyatul: Aku inbox lgsung ya :)

@Linda Sunshine: lebih baik cepet periksa k dokter mbak, biar tenang, kalo dilamain malah jadi tkt kenapa2. Sekarang setelah hampir 6 bulan g kerasa apa-apa tuh alhamdulillah, pas baru operasi y sakit tp ga 'banget', ya kayak tangan kita kena pisau gimana. klo masalah brp lama obat biusnya ilang aku kurang tau, toh akunya juga g sadar, hehe. tp kynya g lama abis operasi selesai deh. tergantung dokter anestesinya aja ngasih biusnya berapa lama. tenang aja, kalo pas mau operasi g ngeliat pisau ato peralatan bedah sama sekali ko, kayaknya mereka juga udah mikir kalo pasiennya bakal tambah tegang kalo ngeliat peralatan bedah sebelum operasi, hehe. Semangat ya cepet periksa :)

@ M Khairul: Iya mas semoga lancar ya, adiknya cepet sembuh :)

Anonim mengatakan...

hallo mba Noviana, salam kenal saya nurul (20), terimakasih untuk share pengalamannya, membuat saya sedikit agak tenang. Awal bulan mei kemarin baru saja saya check up dan hasilnya sama seperti mba tumor payudara sebelah kiri, sekitar 1,5 cm, awalnya dokter menganjurkan untuk segara operasi setelah di USG, tp saya takut dan gugup sekali, maklum ini oprasi pertama saya. hee jadi saya meminta waktu sekitar bulan juni untuk operasi dan mempersiapkan mental. tapi yang saya kwatirkan kata dokter saya tidak di bius total, itu membuat saya kepikiran sampai sekarang hee oiya mba novi pas waktu buka jaitan itu terasa sakit ga mba ?

thankyou :)

Anonim mengatakan...

NB Nurul :
Aku kelupaan nanya mba, hehe apakah ada pantangan makanan sebelum oprasi dan pasca operasi mba ??

Unknown mengatakan...

hallo mba, boleh tau saat pertama kali periksa di rshs biaya nya abis brp ya ?
boleh diemail ke rizkyardisaaprilya@gmail.com

makasih mba sebelumnya

Unknown mengatakan...

Mb Novi terimakasih sudah berbagi pengalamannya, saya jadi lebih tenang sekarang, karena saya juga akan menjalankan operasi pengangkatan tumor jinak di payudara senin depan. semoga lancar.

Anonim mengatakan...

Terima kasih udah bagi pengalaman......ada yang tau ga biaya operasi fam skrg kira2 berapa......

Anonim mengatakan...

Hy mbk noviana, ni saya novi (20th), kejadian yang saya alami juga sama dengan yang mbak alami, tapi yang saya alami ada 2 benjolan di payudaraku kanan kiri, semula saya tau ada benjolan satu aja dipayudara kanan tapi saya biarkan dan belum bilang ke orang tua, nah terus waktu saya bilang ke orang tua saya, maka langsung dikonsultasikan kedokter umum, dan bilangnya bukan tumor, tapi entah apa aku lupa, lalu diberi obat buat mijat payudaraku, tapi sebulan 2 bulan tak kunjung kempes, lalu saya ganti ke dokter umum lainnya, dan disarankan buat dipijat, dan katanya itu kelebihan hormon, dan hasilnya juga tak kunjung kempes malah lama kelama'an payudaraku yang kiri mulai ada benjolan, dan saya langsung syok dan langsung ngabari keorang tuaku karena waktu itu saya lagi kuliah diluar kota, dan akhirnya waktu liburan aku disuruh pulang dan periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam, dari sanalah bilang kalau saya terkena penyakit tumor dan disarankan untuk operasi secepatnya, setelah saya disarankan seperti itu, saya langsung takut karena sudah membayangkan yang aneh2,, dan akhirnya saya dikasih arahan untuk operasi sama kakak2ku biar langsung hilang benjolannya, pas habis lebaran bulan agustus 2013 akhir saya dioperasi, dan benar kata mbk noviana yang sakit itu pas memasukkan selang infus dialiran darahku, tapi untuk waktu dioperasi nggk kerasa sama sekali karena dikasih infus, dan saya dikasih infus total, untuk mengetahui apakah tumor jinak apa ganas, disuruh nunggu 1 bulan, dan alhamdulillh tumor jinak. Akhirnya setelah hampir 1 thn ternyata payudaraku yang sebelah kiri ada benjolan lagi dan kemarin tgl 3 mei aku konsultasi kedokter lagi, dan disuruh operasi lagi, tapi saya masih parno buat operasi, dan saya mau tanya mbak, apakah tumor jinak dipayudara itu bisa mempengaruhi waktu menyusuhi nggk mbk?saya takut kalau saya sudah punya anak bakal mempengaruhi pada bayi saya besok.

Anonim mengatakan...

Pengalaman yang sama. Saya tau ada benjolan sekita 2 minggu lalu. Dan langsung konsul k dokter spesialis bedah onkologi. Sabtu tanggal 17 Mei kemarin sdh operasi. Dan seperti yg mbak noviana bilang, nervousnya pas sblm operasi aja.. Sdh dioperasi baru sadar, "segitu doang toh operasinya". Tidak terasa sakit (krn bius total), tidak merubah bentuk aset kita dan juga tidak butuh waktu lama.. Yg penting adalah deteksi kelainannya sejak dini dengan SADARI, tidak butuh biaya dan peralatan. Dan jangan lupa pola hidup sehat..

Anonim mengatakan...

mbak mau tanya setelah operasi ukuran payudara jadi mengecil kah? karena setelah operasi pengangkatan tumor jinak payudara saya lebih kecil drpd yg tidak diangkat, makasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

tahun 2000 lalu saya juga operasi tumor jinak di payudara sebelah kiri. tapi 1,5 tahun ini setelah melahirkan tumor itu muncul lagi, juga di payudara sebelah kiri, belum saya angkat karena saya sedang menyusui. Browsing kemana2, katanya kalau pernah operasi, tumor itu kemungkinan bisa tumbuh lagi.. hikss.. jadi dilema, mau operasi apa nggak yaa...

Anonim mengatakan...

itu kanker payudara ibu. sangat berbahaya jika tidak diobati. obat tradisional biasa tidak akan manjur dan hanya iklan. salam. dulu mertua saya terkena kanker payudara dan sekaligus kanker otak. sudah menjalani perawatan medis dan lain2. namun tidak ada perubahan yang signifikan. lalu saya ada informasi bah wa ada penyembuh di TIBET yang mampu menyembuhkan. dan saya mendatanginya. saya diberikan 4 paket ramuan dari bunga teratai yang berusia 200 tahun dan lumut naga berusia 1000 tahun. setelah meminum nya 2 paket kanker mertua saya benar2 hilang. dan sudah dicek. sedangkan obat dokter yang bernama FOLOTYN 40MG/2ML MASIH 1 BOTOL. sekarang tinggal 2 paket yang tersisa. silahkan bila ada yang mau. no hp saya: 0818.0273.2004

Unknown mengatakan...

Share pengalaman juga..tgl 10 juni 2014 sy minta tolong usg ke temen kakak sy dan ada benjolan di payudara kanan dan kiri..disarankan ke dokter spesialis di RS PKU Muhammadiyah di Solo, krn sy tinggal di Wonogiri..
tgl 17 sy periksa ke dr. Djoko Dlidir, Sp. Onk dan diminta usg, yg sebelah kiri jelas FAM dan yg kanan batas benjolannya tidak tegas, besoknya sy harus biopsi jarum, dr hasilnya tdk tampak ganas. Tp dokter Djoko tetap menyarankan operasi karena usg benjolan sebelah kanan batas benjolannya tidak tegas takutnya nanti berkembang dan jadi ganas..karena hasil biopsi 75% benar dan ada kemungkinan 25% keliru.. sebelumnya saya takut tp dokter Djoko banyak memberi masukan dan motivasi..yg sangat saya ingat adalah "jangan berpikir hanya untuk pengobatan, tapi lakukan untuk kualitas hidup yang lebih baik" kmd sy diberi surat rujukan laborat dan untuk ugd krn sy harus menginap semalam untuk tes lab dan administrasi..munkin juga biar sy bisa tenang sebelum operasi..
minggu malam tgl 22 Juni 2014 sy masuk ugd dulu (selang 1 minggu dr periksa terakhir krn sy masih ada ujian sampai minggu sore) senin siang (23 juni 2014) sy operasi..dan operasinya lama krn mengambil tumor di 2 payudara..dimulai jam 2 siang dan sy kembali di kamar rawat jam 7 malam (lebih)..
dan alhamdulillah dari hasil patologi tumornya jinak semua, krn kalau ada yg potensi ganas (kanan) payudara sy harus dikurangi sedikit di skitar tumor..
Periksa serelah 1 minggu operasi jahitan sudah mengering dan diambil/digunting simpul benang di kanan kiri jahitan..dansy tdk boleh makan udang dan cumi (sesekali boleh sih, tp ga boleh sering2),kuragi makanan berminyan, santan, kulit2, klo makan ayam atau bebek ga boleh makan kulitnya, makanan yg dibakar boleh tp yg gosong harus dibuang..ya untuk mengurangi resiko kemungkinan tumbuh tumor lagi..dan diminta olahraga juga..hehe
kebetulan semua dokter (dokter onk, radiologi, biopsi & patologi) dokter laki-laki, cm dokter anestesi yg perempuan..awalnya pengen dokter2nya perempuan tp ya nawaitunya demi kesehatan gpp ya :)
teman-teman..operasi itu ga sakit kok dan setelah operasi juga tidak terasa perih atau nyeri karena kita dikasih obatanti nyeri dan antibiotik baik dr infus atau yg diminum setelah kita tdh paje infus lagi..teknologinya sudah semakin baik dan dokter berusaha kita tidak merasakan sakit.. ya walaupun sebelum operasi kita merasakan takut bahkan sangat takut dan menangis..tp yakin semua demi kualitas hidup yang lebih baik :)

Unknown mengatakan...

Mbak, saya juga kena FAM di payudara kanan atas luar. Bulan ini insya allah dioperasi. Mohon doanya kawan" senasip :)

irma mengatakan...

saya juga terkena fam udah jalan 4 tahun, terakhir periksa 6 bln yang lalu sekitar 1 cm, saya takut operasi sekarang bingung, karna ada teman yang selesai operasi malah timbul koloid selain itu tumornya juga tumbuh lagi,,, jadi takut,,,

Anonim mengatakan...

Salam kenal, 25 agust 14. Saya op fam d pd sblh kanan. kurang lbh 2 cm. Sdh 2 thn. Awalnya sih takut, mikirin op_a. Malah semua dokter_a lk2, tp dh bulatin tekat. Saya msk sabtu, malam senin d beri obat pencuci perut, dan d suruh puasa sampe selesai op, agar op bsk gk bab dan buang air. Pagi_a d suruh kramas & mandi trus ganti baju op, tanpa pkaian dlm. Jam 8,bru d psnh infus, alhd sekali suntik langsg dpt vena, & d suntik alergi lumayan nyeri. Jam 11 sy d suruh nunggu d ruang op, perasaan_a brcampur aduk, sedih, takut, sampe mau nangis. 12.45. Sy d jemput petugas, & d dorong menuju ruang op. Sy melihat ruang bedah 5. Woow, ruangan biru, lampu op, meja op, dan semua "alat permainan dr bedah". Setelah d pindhkn k meja bedah, kurng lbh ad 5 org dr yg d dlm. Slh stu dr mengtkn klu mengantuk tidur aja y, dn trnyta bnr, bgitu d suntikn sesuatu d infus sy, dan smua_a hilaaaang. Tdk lm kmudian bahu sy ad yg menepuk brulang x smbl memanggl nm sy. Sy cb mengingt sy dmn, sdg apa, bgmn. Smbl mggingt & mbka mata yg brt. Yg prtma sy mnggucap alhd y Allah, sdh slsai, lalu sy tanya pd dr yg mnpuk lengan sy, "jam brp dok? ,op nya dh slsai dok ?, fam nya dh d angkat dok ?, sy blh bw plng fam na dok?. Dr mnjwb ni jam 3, op na dh selesai, mau bw fam nya, blh. Jam 5 sore br nyampe k ruangan. Jd cm 2 jam operasi. Bsk_a sy sdh blh plg. Wlpun skrg, msh sdkt nyeri. Yh bgtulh pnglmn sy, smoga mmbantu, mmang pd saat prtm tahu ad benjoln, sprti smua_a sdh brakhir, tdk ad smgt hidup, & byk prtnyaan lain. Why me Allah ? Tp sdh mmang jlnNya, qt hnya bs smoga d brikn jln yg trbaik. Ok, sbg info, sy d mdn, d rs pmrinth dgn mggunkn jasa "kartu prbln kls 3 :-)" , jd smuanya gk byr. Moga bermanfaat

Anonim mengatakan...

Mba saya jg udah operasi. Operasinya d daerah areola jg cuma ada sedikit darah kering d bekas jahitan. Kira2 akan hilang/normal lg gak? Kata dokternya sih bagus & akan normal lg. Klo mbak apakah normal kembali (bersih)? Saya sudah 1 bulan masih agak nyeri klo baring tidur, knp ya?. Thx b4

Anonim mengatakan...

saat operasi kan ada sebagian yang diambil, saat ini ukuran payu dara mbak gmn? normal ataukah menjadi berkurang krn da sebagian daging yg d ambil?

obat bius mengatakan...

oke mantep gan

Unknown mengatakan...

Sekedar sharing, sdah kurang lebih 1 thn sy memiliki benjolan tetapi tidak di operasi krn dri hasil searching nyatanya tumor dapat disembuhkan hanya dengan makan buah dan sayur oleh karena itu sy mulai menjalani pola hdup sehat stlah 2 bln trakhir sy menjadi vegan dgn tdk makan nasi (kecuali nasi kuning krn kunyit sngat baik untk menghambat pertumbuhan sel abnormal), konsumsi ubi jalar ungu/orange, teh hijau, tomat mentah slain itu trapi sari wortel dan jus wortel stiap hri sebnyak 1 kg hasilnya alhamdulillah skrang tumor saya yang awalnya sangat besar sekarang telah mengecil, sy akan sharing lbh bnyak lg saat benjolan tlah benar benar menghilang semoga yang mengalami hal serupa dapt sembuh dan tidak terburu buru menjalani operasi :) aamin ya allah

Anonim mengatakan...

mb blh tny pkiraan biaya hbs brapa y...terimakasih

Anonim mengatakan...

Bersyukurlah untuk sodara2 seperjuanganku jika dokter memang mendiaknosa tumor jinak atau FAM,berbeda denganku,karena dokter telah memvonis ak tumor ganas di usiaku yang genap 33 tahun 6 november tahun ini,tp alhamdulillah mastektomi sdh ak jalani.walaupun semua membutuhkan keikhlasan dan kesabaran yg luar biasa untuk menjalanianya. dunia seakan runtuh,hidup seoalah tdk lama lg,tp ak berisaha untuk tegar demi kedua anakku.... semoga tdk ada lagi perempuan yg mengalami hal spti ak dengan membiasakan SADARI periksa payudara sendiri

Anonim mengatakan...

mbak, tulisannya sangat membantu sekali mbak...
saya sedang harap-harap cemas mau USG payudara minggu depan, karena sekarang sudah mau haid kata dokter belum bisa, jadi ada 2 benjolan di payudara kiri saya, yang satu kecil dan sakit, yang satu lebih besar dan tidak sakit. Mohon doa nya untuk teman-teman senasib, sungguh saya sangat kuatir, tapi memang saya sudah putuskan apapun ini, saya akan operasi, sekali lagi mohon doanya.

Anonim mengatakan...

mba, boleh bagi no hp nya? ada bbrp hal yg mau sy tanyakan :( terima kasih -Novi

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Salam kenal semua, mau nanya nih klo biaya pemeriksaan awal brp ya? Dan rumah sakit mana di bandung yg paling murah dan bagus? Terima kasih

Unknown mengatakan...

mbak saya baru oprasi FAM 3 november kemarin.
mbak kan sudah 4thn yg lalu oprasinya Alhamdulillah sampai sekarang mbak sehat2 saja.
waktu kontrol kemarin saya tanya sama dokter yang oprasi saya "Dok apakah setelah oprasi nnti masih bisa tumbuh lagi?"
dokter jwb ohh ya masih dilihat aja perkembangan 2-3thun lagi.
trus aku tanya apa pantangannya supaya bisa mencegah untuk tdk tumbuh lagi. apakah ada makanan atau sayur dan buah2an yang tidak boleh saya makan?
dokter jwab tidak ada makan aja terserah jangan buat susah dirimu sendiri untuk takut makan ini itu. memang salah satu yang dpt merangsang tumbuhnya tumor adalah asap rokok polusi udara. dan penyedap juga pengawet makanan.
dari penjelasan dokter berarti saya bisa menyimpulkan tidak boleh makan yg ada penyedap dan pengawet makanan.
tapi untuk sayur dan buah mbak dokter bilang tidak ada pantangan makan aja terserah sedangkan saya browsing dan di bilang orang sekitar kalo saya tidak boleh makan tauge, sayur kangkur sawi putih, ayam, santan, ikan laut
dan masih banyak lainnya buah buah juga seperti kelengkeng durian dan apalah lainnya saya lupa
yang boleh hanya mangga apel dan jeruk.

saya bingung mbak harus bagaimana atur pola makan yang harus saya hindari dan saya makan. sedangkan dokter sendiri tidak ada saran dan saya juga masih waswas dengan penyakit itu karna tidak mau lagi masuk ruang operasi.
gimana pengalaman mbak setelah operasi??
mohon dijwb mbak :(

intan ♥ mengatakan...

2 minggu lalu saya operasi FAM..
pakai BPJS sama sekali gak keluar uang sm sekali
tes PA di Prodi* pun gratis juga lho..konsultasi juga gratis..alhamdulillah pokoknya ;-)

rena mengatakan...

Salam kenal smuanya..
Saya juga sudah operasi pengangkatan benjolan di payudara sebelah kanan kurang lebih 1 bulan yang lalu...
kemarin hasil lab patology sudah keluar dan pada saat tadi saya bawa ke dokter yang meng operasi saya (secara ga ngerti itu hasil lab artinya apaan hehehe) ternyata saya positif kanker payudara stadium 1..namun syukurlah tidak ada tanda2 penyebaran..

Dokter menyarankan untuk pemgangkatan payudara sebelah kanan dan juga kemoterapi namun saat ini saya ingin mencoba mencari second opinion dari dokter lain dan mencoba pengobatan herbal..

Mungkin ada yang punya rekomendasi dokter spesialis kanker di jakarta?karena dokter yg mengoperasi saya kmrn bukan spesialis kanker tapi spesialis bedah umum...
atau ada yang punya rekomendasi pengobatan herbal??

Terima kasih sebelumnya..:)

Unknown mengatakan...

rinelda:

mba rena, gejala yang dirasa sebelum divonis kanker payudara apa mba? aku ada benjolan di sebelah kanan dan kiri . jadi takut mba :'(

Anonim mengatakan...

salam kenal, saya nata (19) sktr 2 bln llu saya baru tau klo saya ad benjolan d sbelah kanan ats. dan rencana sya operasi tgl 24 ini, saya mau tnyk donk sma mbak2 yg udh operasi berapa lma si msa rawat kita d rmah skit sblm operasi?

April mengatakan...

Ass, saya april ( 21 ) sudah 1 tahun lebih ada benjolan pada payudara kanan saya dan saya belum sama sekali periksa ke dokter karena saya takut dengan hasilnya. akan tetapi tidak pernah mengeluarkan darah atau mengkerut seperti kulit jeruk (ciri2 kanker payudara). tapi jika akan datang bulan benjolan pada payudara saya terasa sakit dan bengkak tapi jika sudah berakhir datang bulannya rasa sakit dan bengkak pasti hilang.

apakah teman2 mengalami hal serupa? lalu untuk biaya operasi sekarang berapa? saya rasa ini harus dioperasi karena sudah besar :(

mohon sharingnya ,terima kasih
wslm

atikagita mengatakan...

Terima kasih kak ceritanya, sangat memotivasi :)

Anonim mengatakan...

salam kenal mba'. sy jg mau sharing nich. sy jg akan menjalani operasi pengangkatan FAM di payudara kanan sy,terus terang sy nervous banget karena 5 hari lagi sy akan menjalani operasi itu. sy mau nanya mba', apakah dr bedah onkologi berbeda dengan dr bedah umum untuk teknik/cara pembedahannya? krn saat ini sy berkonsultasi dgn dr bedah umum. Trims bnyk infox.

obat bius mengatakan...

sip artikelnya

Katumbiri Noviana mengatakan...

Hai semua, maaf g dibalesin komen2nya, udh lama keserang blogging blue, hehe. Yg penting klo nemu benjolan segera k dokter. Aku alhmdulillah g da keluhan apa2 skg, bekas operadiny jg g terlalu keliatan, skg jg menyusui anak k 2 lancar2 aja

Unknown mengatakan...

Siak mbk q jga pnya pnglman sprti mbk q ada bnjolan dri gadis n skrg sya sdah mnikah n pnya 1org anak tpi bnjolan itu ttep ada 5thun brllu bru skrg q brni priksa ke slah satu rs di tangetang sya priksa ke dr spesialis pnykit dlm n di oper ke dr spesialis bedah n hasil y sya hrus di operasi sya gak prcya dgn kptusan dr n sya pindah rs sya ulg priksa ke dr spesialis pnykit dlam n oper ke bedah onkologi kusus tumor stlah di priksa sya di oper ke dokter sya lupa untuk usg payudara 1 jam sya di usg payudara smgu kmudian sya kmbli untuk ambil hasil usg sya n trnyata dr spesialis onkologi pndah rs tpi untg msih daerah tangerang. Sya coba bawa hsil usg sya ke puskesmas sya ingin tau apa sih fam ? Trnyata jwban y hrus operasi stlah itu sya kmbali ke tmpat dr spesialis onkologi dr pramuji praktek di rs usada insani tangerang stlah sya ktmu n jwaban y sma sya harus operasi tpi saat itu jga q lgsng tnda tangani surat operasi, sabtu 28 maret 2015 jam 4sore saya operasi sya dri priksa smpe operasi oleh dr pramuji yg baik n ramah sore sya operasi siank sya sdah bleh plag. Tgal 7 april 2015 sya kmbli ke rs usada tangerang untuk buka prban tpi jahitan sya blom kering jdi sya cuma ganti prban anti air. Trima kasih dr pramuji spsialis onkologi n rs usada insani tangerang atas plyanan y smoga sya bisa smbuh total. Mggu depan sya blik ke rs untuk buka jahitan smoga udh kering n bisa smbuh total amiiiin ....

Katumbiri Noviana mengatakan...

Syukurlah semoga pemulihanny lancar y sis :)

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah mbk udah 3 mggu operasi gak ada keluhan apa2 tpi jahitan saya blom di buka soal y blom kering, mbk yg di operasi payudara mana.

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah mbk udah 3 mggu operasi gak ada keluhan apa2, mbk operasi payudara sblah mna?

Katumbiri Noviana mengatakan...

Sebelah kiri sis, moga seterusny sehat ya, klo udh dbuka benang jahitny biasany g terlalu keliatan luka bekas operasiny

Unknown mengatakan...

Amiin mksih doa ea, klo sya kri kanan mbk sya fikir juma 2 kiri1 kanan 1 krna operasi n bkas jahitan cma 2 kiri kanan z trnyata kiri 4 kanan 2 tpi alhamdulillah smoga smbuh total amiiin .

Anonim mengatakan...

Mlm mbak...
sblumnya makaci y buat crtanya
aq jg divonis FAM dipayudara sblh kiri 2cm
tapi aq belom oprsi karna binggung dengan anakku,annku usia 3,5 bulan dan msih asi ekslusif
Klo nanti aq dioprsi apakah aq masih bisa menyusui ankku??
Apa tdk brpngrh pada jahitanya?
apa hbis oprsi boleh lgs mngendong ankku???
Kbtlan ini oprsi k2 ku oprsi prtma saat lahrn kmrn
mohon masukannya ya mbak,mkci...

Katumbiri Noviana mengatakan...

Wah sis kalo operasi dlm masa menyusui aku ga tau juga, kayaknya sih kehambat soalnya payudaranya sehabis operasi kan terluka. Coba konsul ama dokter ya

Unknown mengatakan...

Mlm mbk bsok q jga mau kontrol lg mudah2an udah kerig jahitan y n bisa di buka amiin.

Unknown mengatakan...

itu dibius total gk mba,, sya tkut nih dibius total ,,nnti kyk tidur gtu,,nnti bangun sendri?dibangunin? atau disuntik lgi?

Unknown mengatakan...

mbak ada pantangan g boleh makan apa kah setelah operasi?

Katumbiri Noviana mengatakan...

Dibius total, y yg penting kita berdo'a dulu n tenangkan hati, emg menakutkan sih apalagi yg pertama kali. Ky tidur aja g inget apa apa. Klo aku waktu iu ďibangunin suster. Biasanya dokter anestesinya yg memperkirakan berapa obat bius yg dibutuhkan sesuai bb n umur

Katumbiri Noviana mengatakan...

Ngga sih dokter g ngomong apa2 soal pantangan. Yg penting makanan sehat bebas zat adiktif aj kli y

Silvie Wiska mengatakan...

Alhamdulilillah operasi pengangkatan kista payudara sy kanan kiri berjalan lancar, tepatnya tgl 1 april 2015 yg lalu, pengalaman yg ruarrrr biasssaa.......thx buat artikelnya mbak katumbiri noviana, sebelum jalanin operasi sy cukup tenang krn baca artikel mbak lohhh..dan terinspirasi utk ikut menulis ttg pengalaman operasi sy.... hehhe... keep sharing all ^^

http://qatrunnada-silvia.blogspot.com

Unknown mengatakan...

pengalaman yang sangat luar biasa
tetep semangat terus berusaha dan berdoa.
saya juga termasuk seseorang yg terkena penyakit itu.

Katumbiri Noviana mengatakan...

Alhamdulillah, sama sama sis :)

Katumbiri Noviana mengatakan...

Iya sis semangat untuk sembuh ya :)

Unknown mengatakan...

MAu tanya mbak setelah pasca operasi FAM .payudara mbak apa mengalami pembengkak an?? dan gimana cara mengatasinya

Katumbiri Noviana mengatakan...

Bengkak gmn sis? Aku bengkak sih ngga cmn bekas operasiny jd aga keras. Tp setelah brp lama normal lg ko

Unknown mengatakan...

iya itu yang kumaksud bekas operasinya didalam kok terasa keras,kayak bengkak gitu.terus bekasnya juga memar memar.apa pengaruh obat biusnya

Unknown mengatakan...

butuh berapa hari mbak normal lagi?
saya baru 3hari ini menjalani operasi.
kira" boleh gak dikompres

rahasia mengatakan...

mbak kalau operasi bisa merubah bentuk payudara? kenapa banyak saran yg pro dan kontra soal operasi tumor ini ya? aku cukup bingung harus bagaimana....

Katumbiri Noviana mengatakan...

Sory nih sis telat bls. Iya emg gt ko normal2 aja. Aku sekitar 2 minggu baru normal lg

Katumbiri Noviana mengatakan...

Ngga sis, klo bekas luka sih iya tp itu jg samar aja ky bekas luka klo kita jatoh. Klo aku sih alhamdulillah baik2 aja sih sis operasi :)

Anonim mengatakan...

halo mba saya baru dioprasi 1 bulan kmaren, bekas jaitanya gmn ya? kok saya merasa bagian dalamnya agak keras seperti ada benjolan lagi.. mba pernah gk coba minum seperti teh benalu atau daun sirsak ? apakah it dianjurkan

Anonim mengatakan...

iya saya juga dapat info waktu nunggu periksa ke dokter, pasien bilang ibunya punya fam 5cm, lalu minum benalu teh lalu famnya hilang. apa sis-sis ada yg pernah coba benalu teh ?? apa berhasil?

Katumbiri Noviana mengatakan...

Maaf nih baru dibalas. Memang seperti itu tp paling cuma 2 mg sampai 1 bln aja y udh gitu normal lagi ko. Daun sirsak ktnya sih bagus ya

Katumbiri Noviana mengatakan...

Saya baru dengar ada teh benalu. Dari apa ya

Anonim mengatakan...

terima kasih atas share artikel nya, sangat membantu....

Unknown mengatakan...

Sis aq juga baru aja oprasi FAM,tapi aq gak di jahit tapi di lem,,kira2 lamaan lem atau jahitan yaa,,aq baru seminggu sih,tp udh gak terasa sakit,cuma bagian lukanya kebuka gitu

Unknown mengatakan...

Sis aq juga baru aja oprasi FAM,tapi aq gak di jahit tapi di lem,,kira2 lamaan lem atau jahitan yaa,,aq baru seminggu sih,tp udh gak terasa sakit,cuma bagian lukanya kebuka gitu

Katumbiri Noviana mengatakan...

nah aku baru tau ada sistem lem :D , coba konsul sana dokternya sis, cepet sembuh ya :)

Unknown mengatakan...

Ass, salam kenal ya teteh.
Aku dari cianjur juga, artikel teteh sangat bermanfaat sekali.
Sangat membantu memotivasi penderita FAM. Awalnya aku takut, tp stlh tetrh sharing, aku bisa lebih bersemangat lagi..
Besok pagi aku di operasi 😢😭😭
Teh di bius itu rasanya gmn ? Ini kali pertama aku di operasi dan di bius. Pasca operasi rasanya gmn ?

Katumbiri Noviana mengatakan...

Hai Rani salam kenal :)
Dioperasi dmn besok? Gud luck ya pokonya yg trnang n banyak berdo"a inshaa Allah semua lancar. Klo bius total pertama pas obatnya udah masuk ke selang infus perlahan-lahan mata mulai terasa beratt kaya yang ngantuuuk bgt udah gitu jadi ga sadar seperti tidur. Nanti tau2 bangun pas operasi udah selesai,seingatku dulu aku bangunnya dibangunin ma perawat. Sejam pertama pasca operasi lemess bgt tapi setelahnya berangsur pulih n bisa jalan kaki kaya biasa. Jangan dulu kerja n ngangkat yg berat2 n banyak istirahat dulu ya

Katumbiri Noviana mengatakan...

Hai Rani salam kenal :)
Dioperasi dmn besok? Gud luck ya pokonya yg trnang n banyak berdo"a inshaa Allah semua lancar. Klo bius total pertama pas obatnya udah masuk ke selang infus perlahan-lahan mata mulai terasa beratt kaya yang ngantuuuk bgt udah gitu jadi ga sadar seperti tidur. Nanti tau2 bangun pas operasi udah selesai,seingatku dulu aku bangunnya dibangunin ma perawat. Sejam pertama pasca operasi lemess bgt tapi setelahnya berangsur pulih n bisa jalan kaki kaya biasa. Jangan dulu kerja n ngangkat yg berat2 n banyak istirahat dulu ya

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum,,
Persis yg d alami tunangan saya, kemaren periksa, dan hasilnya ada 3 benjolan d payudara sebelah kanan .
Kata dokter itu FAM,
Ini lg proses bkin bpjs, rencana mau operasi secepatnya,,,
Minta doanya ea semua

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum,,
Persis yg d alami tunangan saya, kemaren periksa, dan hasilnya ada 3 benjolan d payudara sebelah kanan .
Kata dokter itu FAM,
Ini lg proses bkin bpjs, rencana mau operasi secepatnya,,,
Minta doanya ea semua

Unknown mengatakan...

Saya juga habis op fam tgl22 agustus 2015 kemarin tidak d jahit saya d lem ...dan sekarg sudah kering dan sudah d lepas perban ..knp y sering sakit klo bangun tidur tp bkn d bekas op nya ...payudara saya sprti mengker

Unknown mengatakan...

Saya juga habis op fam tgl22 agustus 2015 kemarin tidak d jahit saya d lem ...dan sekarg sudah kering dan sudah d lepas perban ..knp y sering sakit klo bangun tidur tp bkn d bekas op nya ...payudara saya sprti mengker

Katumbiri Noviana mengatakan...

Semoga cepat srmbuh y tunangannya :)

Katumbiri Noviana mengatakan...

Coba periksa lg k dokter bedahnya mba :)

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum teh, aku mau konsultasi sama teteh krn aku habis operasi pengangkatan fam jg ukurannya kurang lebih sama kayak teteh, tapi akubada sedikit keluhan dan mau tanya2 sama teteh. kalo diizinkan viia email yaa teh mufidaaah@gmail.com

Unknown mengatakan...

Terima kasih teh, sangat bermanfaat bgt. InsyaAllah bulan ini saya jg akan melaksanakan operasi karna ada kelenjar di payudara kanan saya, mohon doa nya agar semua berjalan lancar amiiiiin
Setelah baca postingan ini saya merasa lebih tenang.

Unknown mengatakan...

Terima kasih teh, sangat bermanfaat bgt. InsyaAllah bulan ini saya jg akan melaksanakan operasi karna ada kelenjar di payudara kanan saya, mohon doa nya agar semua berjalan lancar amiiiiin
Setelah baca postingan ini saya merasa lebih tenang.

Unknown mengatakan...

Apakah selesai operasi masih sakit ?? Saya sudah operasi 7 bulan lalu, tapi masih terasa sakit seperti sakit didaerah benjolan yang diangkat tapi tidak ada benjolannya. Apakah selesai operasi ada yang merasakan seperti saya ? Apakah ini normal atau tidak ?? Saya khawatir sekali .. Terima kasih, mudah2an ada yang membalas .

Katumbiri Noviana mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Aku baru bberapa hri ini juga hbs operasi fam, tpi payu daraku kokjd bengkak dan memar ya? Adakah yg prnah mngalami spt itu.

Unknown mengatakan...

hai mbaa novii, mau berbagi pengalaman juga nih. aku tanggal 9 oktober kmren juga abis operasi FAM. benjolannya udah 3 cm. karena aku baru selesai wisuda jadi bisa istirahat dikostan. kira2 klo bawa kendaraan kayak motor udah boleh blm ya, soalnya aku udah ga ngerasain nyeri lagi. tapi org tua masih ngelarang buat motoran sebulan ini. tapi aku ngerasa udah pulih, aku juga minum obat teratur, pake bra aja H+3 pasca operasi udah bisa, cm masih takut klo motoran jarak jauh sama bnyak guncangan. kira2 nanti ada apa2 ga ya mba ?

Unknown mengatakan...

Aku br brniat mau operasi tp takut bgt.sakit bgt ga si pas di tusuk jarum infus sm abis di jahit.

hanifa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
hanifa mengatakan...

Assalamualaikum. Usiaku 22 tahun Q juga katanya dokter Fam di payudara sebelah kiri, tapi saya sangat bingung jika mau ambil operasi, sedangkan pengobatan alternatif sudah saya jalani diantaranya minum air daun sirsak dan kapsul tapi hasilnya tetep sama, mohon sarannya mbk mbk semua.

Unknown mengatakan...

biasa nya pasca operasi mang ga da dirawat inap ya mbak???
Untuk operasi FAM itu??

Unknown mengatakan...

Mau tanya, apakah mb' ditangani oleh dokter dengan namalengkap dr.dimyati ahmad ? Mb' dipasang selang hidrasi atau tidak ketika itu ? Lalu setelah jahitan dilepas, luka langsung mengering sempurna atau bagaimana ? bekas luka nya kena air setelah berapa hari lepas jahitan mb' ? Mohon info nya

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum.. Salam kenal sebelumnya. Sy rina di malang. Sy br aja selesai operasi tumor jinak. Blm ada 3 hr. Sy brosing2 ttg recovery setelah operasi akhirnya nemu blok ini. Waktu pertama kali tahu sy ada tumor sekitar 1 thn yg lalu. Habis itu sy biarin krn ga sempat utk periksa2 lg. Sampe akhirnya sy ulangin periksa lalu usg dan akhirnya operasi. Prosesnya cepat boleh pulang jika kondisi sdh baikan.

Unknown mengatakan...

Artikel nya sangat membantu sekali.saya baru saja operasi pengangkatan fam tadi pagi, sampai detik ini tidak nyeri sama skali, hanya jarum infus membuat tangan kanan pegal.
Tadi saya di datangi oleh salah seorang dokter yg mengoperasi, katanya jahitan berada di dalam jadi jangan kawatir akan terlihat benang hitam. Rasanya lega sekali , karena saya blm menikah. Semoga benar benar tdk membekas yaa

ernawati mengatakan...

tankyour mbak

Unknown mengatakan...

Mba besok sya akan menjalani op fam minta doa nya ya pd semua tmen" semoga bsok d beri kelancaran....amin

Maya mengatakan...

Mbak setelah operasi sampe melahirkan anak kedua jaraknya brapa bulan? Apakah ga ngaruh sama produksi asi nya sama payudara yg ga dioprasi? Waktu menyusui apakah sakit? Thanks

Unknown mengatakan...

Wah..saya ada benjolan juga tapi blm tau itu apa tp sepertinya kalau dilihat dari ciri2nya FAM. Dan saat ini sdg hamil. Ngaruh sama asinya nggak ya? Mksdnya bs kluar asi dgn deras atau terhambat dan asinya aman dikonsumsi untuk bayinya? Krg lbh sama dgn mb.maya di atas nih pertanyaannya.. mohon infonya ya mbak. Tks.

Unknown mengatakan...

Wah..saya ada benjolan juga tapi blm tau itu apa tp sepertinya kalau dilihat dari ciri2nya FAM. Dan saat ini sdg hamil. Ngaruh sama asinya nggak ya? Mksdnya bs kluar asi dgn deras atau terhambat dan asinya aman dikonsumsi untuk bayinya? Krg lbh sama dgn mb.maya di atas nih pertanyaannya.. mohon infonya ya mbak. Tks.

Katumbiri Noviana mengatakan...

Ibu-ibu saya tidak mengalami keluhan apa pun pada saat menyusui anak ke dua pasca operasi. Jarak pasca operasi ke anak kedua sekitar 1 tahun. Asinya lancar2 saja dan tidak sakit.thanks

Anonim mengatakan...

Artikel ini sangat bermanfaat mbak noviana, sy jg bbrp bln yg lalu mlkukan oprasi di payudara kanan. Mbak apakah stlh mlakukan oprasi kita hrs ttp melakukan usg lagi? Dan minimal brp bulan stlh oprasi mlkukan usg tsb? Mohon di jawab y mbak

Anonim mengatakan...

Mbak mau tanya, kalo operasi ini ukuran payudara jadi berubah atau tidak? Terimakasih

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

AKu juga ada benjolan di sebelah kanan,dan saya udah oprasi udah satu bulanan,dan alhamdullah sudah sehat dan beraktifitas seperti biasa setelah 10 hari oprasi

Unknown mengatakan...

AKu juga ada benjolan di sebelah kanan,dan saya udah oprasi udah satu bulanan,dan alhamdullah sudah sehat dan beraktifitas seperti biasa setelah 10 hari oprasi

Unknown mengatakan...

Mbak. besok aku mau oprasi. kan kasusnya sama seprti yang mba alami. FAM payudara bawah sebelah kiri. aku takut mba

Unknown mengatakan...

Mb tia brpa mb biaya op. Skrang?

Unknown mengatakan...

Mb tia brpa mb biaya op. Skrang?

Info Seputar Benjolan Di Payudara mengatakan...

terim kasih banyak mbak sudah berbagi pengalamannya. . .!!!

Cara Mengobati Tumor Payudara Tanpa Operasi mengatakan...

pengalamaan yang tentunya sangat bermanfaat terutama bagi anda wanita yang saat ini disarankan untuk operasi tumor payudara

Anonim mengatakan...

saya jumat lalu sdh tes mamo, selasa besok usg sekalian dibacakan hasilnya..sebelah kiri benjolan lumayan besar dan payudara kanan msh kecil.. semoga hasilnya bkn sakit yg bshaya.. trm ksh sharingnya mbak novi..sangat bermanfaat

Mahkota Surabaya mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Sab mengatakan...

Saya msh 16 tahun sudah mengidap FAM. Tgl 24 juni kmrn sya operasi. Pengalamam saya hampir sama seperti mbak, ukuran tumornya pun hampir sama hehhe. Tapi seminggu setelah operasi dada saya sakit kembali dan jika diraba sedikit keras. Mudah"an ga tumbuh lg ya mbak hehehe

Unknown mengatakan...

Sya hari ini mau ketemu dokter bedah, saya sangat cemas sebab kluar cairan di puting, 😭😪.tapi orang tua dan sekitarnya mengarankan untuk aku menjalani pengobatan alternatif, aku bingung,, lebih baik alternatif atau oprasi 😰

Unknown mengatakan...

Sya hari ini mau ketemu dokter bedah, saya sangat cemas sebab kluar cairan di puting, 😭😪.tapi orang tua dan sekitarnya mengarankan untuk aku menjalani pengobatan alternatif, aku bingung,, lebih baik alternatif atau oprasi 😰

Obat Tumor Payudara Tanpa Operasi mengatakan...

tidak ada salahnya jika anda mengikuti apa yang dikatakan oleh orang tua anda karena pengobatan alternatif lebih aman mbak meskipun waktu yang dibutuhkan lebbih lama.

Dokter yusuf mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

Trimakasih mbak sharing pengalamannya. Setidaknya ini membuat saya lebih tenang , karna sebelumnya saya sudah membayangkan kemungkinan2 buruk yg mungkin terjadi pada saya. Dan setelah saya baca2 sepertinya benjolan pada payudara kiri saya ini juga FAM. Saya merasa ada benjolan ini sejak saya berumur 15th waktu itu saya kelas 3SMP , tapi saya tidak paham kalo itu suatu anomali, saya kira itu hanya bagian dr pertumbuhan payudara. Lalu ketika saya masuk SMA , disana suatu hari ada penyuluhan kesehatan reproduksi, salah satunya membahas ttg kesehatam payudara. Kemudian saya baru menyadari bahwa benjolan pada payudara kori saya ini adalah suatu penyakit. Bahkan waktu itu saya sempat kehilangan semangat hidup. Namun seorang teman dekat saya memberi semangat saya ketika hendak mendekati Ujian Nasional kelas 3 SMA. Dan waktu itu saya berpikir , yang penting saya lulus SMA dulu, saya berusaha melakukan yg terbaik untuk UN saya. Dan saya tidak berani bilang pada orangtua saya, karena waktu itu kami sedang dalam keadaan berduka, ayah saya berpulang ke rahmatullah. Lalu saya merahasiakannya karena tidak ingin menambah kesedihan ibu dan keluarga. Karena selain akan menambah beban pikiran mereka, juga karena aku tau ibu tidak memiliki biaya untuk aku operasi, kami ini dari keluarga yg tidak mampu. Hingga akhirnya aku masuk kuliah (dengan beasiswa tentu saja), dan sekarang memasuki semester akhir, saya baru akan memberanikan diri untuk melakukan oprasi. Saya selalu berdoa kepada Allah semoga saya bisa sembuh , sehat . Saat ini ukuran benjolannya sekitar 5cm. Rencananya , sesaat setelah saya wisuda saya akan melakukan operasi. Ohya dulu tahun 2012 saya sempat konsultasi ke dokter bedah ditemani oleh seorang teman saya, kata beliau ini gapapa mbak, banyak juga wanita yg mengalami ini , dan menunda operasi pengangkatan benjolannya, namun kalau bisa segera saja, karena dikhawatirkan akan mengganggu sistem saluran ASI. Namun, baru tahun ini saya akan memberanikan diri bilang ke ibu saya, dan berencana melakukan oprasi. Saya mohon doa dari mbak novi dan pembaca semua semoga diberikan kelancaran oprasinya nanti, dan dapat sembuh dan sehat. Terimakasih sekali lagi untuk mbak Novi telah berbagi pengalaman ino, semoga menjadi amal baik untuk mbak Novi. ~Ika, Jogja

Anonim mengatakan...

saya baru saja menjalani operasi tanggal 5september2016 dengan layanan kartu KIS,, saya dibius lokal saja karena dalam keadaan hamil,, sakit sekali rasanya,, semoga teman2 tidak merasakan sakit yang saya rasakan,, sekarang sudah 3hari, masih sering nyeri,, kira2 pasca operasi perban diganti tiap hari atau tidak ya? biaya tes lab hasil tumor kira2 berapa ya?

EKA ERISTYA PUTRI mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Mlm sy mau share sy ada kista di2 payudara kanan 3 kiri 2.hanya kanan agak lebih besar.dokter blg sy harus usg lg 6 bln kemudian.kira2 januari bsk.2 bln ini sy pantang makanan.hanya skrg nyeri masih suka ada hilang timbul.sudah 2 kali ini sy coba akupunktur.nunggu usg januari bsk sy cemas apakah kista ini akan besar atau mengecil.tolong info nya buat kista.thank

ulfaabas mengatakan...

assalamualaikum mba. sya 20tahun. saya baru menikah bulan kemarin. dan sekarang sedang berencana untuk punya anak. sekitar 2bulan yg lalu sy memenukan benjolan diantara ketiak dan payudara sy. benjolannya kecil sebesar biji jeruk saja dan bisa bergeser. lalu saya raba raba bagian payudara sy. diantar kedua payudara sy seperti ada 3benjolan kecil jg yg bisa bergeser. sya pernah kedokter bedah katany gapapa. tp sy mereasa cemas dan khawatir dan kepikiran terus. tp setelah membaca postigan dr mbak novi menjadi lebih tenang. sy belum tau apa itu FAM kista atau ganglion? sya mau bertanya apa msh bisa sya hamil dan menyusui apabila sya terdapat benjolan dipayudara? mohon sharinggnya yaaa trimsss. ini email sy

ulfasyarifatul73@gmail.com

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum
Sabtu tgl 29 okt kmrn sya USG PD, ternyata diluar dugaan benjolan nya banyak 😥 benjolan nya sperti FAM & ada kista jg (kta dokter kista isinya cairan klo ukurannya kurang dr 2cm ga usah di angkat,paling di ambil cairannya tanpa dilakukan pengangkatan)
Sya menyadari klo ada benjolan di PD kiri sya sekitar 7th lalu, dlu benjolannya kecil sebesar kelereng, benjolan tsb semakin membesar ketika sya hamil&menyusui (jd wktu itu sya tetap bisa menyusui dg normal, hanya sja tdk bisa ASI exclusive krn sya krja & stok ASI ga sesuai dg kebutuhan bayi sya) ... Benjolan tsb skrng berukuran 5-6cm, dokter menyaran kn segera di angkat... Slama ini sya cuma obatin pake obat herbal tp hasil nya kurang signifikan...
Selasa bsk bru mau sya ambil hsil USG & kta nya nanti sya d ksh rujukan u/ pemeriksaan lebih lanjut...
Deg2an pake bgt krn knp dr dlu sya ga berani periksa k RS krn tkut d suruh operasi (dan parah nya sya fobia RS sejak kcl), 7th berlalu ujung2 nya tetep hrs di angkat 😭 pemikiran nya udh kmn2... Kynya bru nginjek RS nya aja udh gemeter & tkut bgt, ngebayangin yg aneh lh pkoknya...
Skrng cm bisa pasrah, berdoa sama Allah agar di ksh kekuatan,kemudahan,kelancaran, & keberanian
Aamiin...
Buat mba2 yg punya FAM jg semoga Allah memberikan kesembuhan pada kita semua 🙏

Rizqi Amalia mengatakan...

Kalau ada grup wa tmn2 yg mengidap penyakit yg sama, boleh donk invite aku rizqi Amalia (081299009485)

Jingga Idris mengatakan...

Mba boleh minta kontaknya? Sepertinya kita senasib :(

Jingga Idris mengatakan...

Kamu udah operasi ?

Gerai Sahlaa mengatakan...

Assalamualaikum
Saya juga ada benjolan di payudaa atas kiri, sdh sekitar 10thn, waktu pertama kali saya periksa sama dokter umum katanya hanya kelenjar susu, tp saya g tenang saya periksa kan lg ke dokter bedah, dokter bedah nya kurang bikin saya nyaman krn kasar, g da penjelasan apa2 langsung suruh operasi, smp saat ini blm ada tindakan apa2 lagi, untuk tmn2 mhon info nya dokter bedah yg ramah di daerah jakarta timur yang dokter nya g bikin down pasien, klo bisa dokter bedah nya perempuan, Terimakasih

Unknown mengatakan...

Saya jga mengalami hal yg sama sprti smuanya
ada benjolan di payudara kiri saya tpi saya blom cek ke dokter bedah umum
duh rasanya tkut sekali jika msti di operasi
apa ada yg tau cara selain di operasi itu apa?
Terima kasih

Unknown mengatakan...

BUAT TEMAN DAN SAUDARA YANG MASIH BR MASALAH DENGAN PENYAKIT INI ??? DAN BELUM SEMBUH...MASIH MENCARI OBAT YANG COCOK DAN BERKWALITAS TINGGI...SAYA REKOMENDASIKAN COBA PROUDUK KESEHATAN TIEN ( SEPERTI MUNCHORD dll...) YANG BRKWALITAS TINGGI DAN SUDAH MEMILIKI JUTA'AN PEMAKAI DAN TESTIMONI DARI MASYARAKAT DAN DOKTER SPESIALIS DI INDONESIA DAN DI LUAR NEGRI, TINGKAT KESEMBUHAN SUDAH TIDAK DI RAGUKAN LAGI...DAN AMAN TANPA EPEKSAMPING...SELAIN ITU KAMI JUGA MELAYANI PEMERIKSA'AN GENETIKA YANG SANGAT LUAR BISA DAN YANG SANGAT AKURAT 99% DAN MELAYANI RAWAT DI RUMAH SAKIT INTERMASIONAL TAI JI SUN TIENS DAN RAWAT JALAN YANG DI MILIKI PRUSAHA'AN TIEN. ANDA MINAT SEMBUH SECARA NYATA DAN MENJADI TESTIMONI SELANJUT NYA  HUB SAYA IYUS TIEN BBM D349C031 ATAU EMAIL TIENIYUS@GMAIL.COM
TINGKAT KESEMBUHAN INSYAH ALLAH 90% .
JIKA ALLAH MENGIJINKAN 100% PASTI SEMBUH.
YANG PENTING MAU MENCOBA NYA SPRTI KAMI.

Unknown mengatakan...

BUAT TEMAN DAN SAUDARA YANG MASIH BR MASALAH DENGAN PENYAKIT INI ??? DAN BELUM SEMBUH...MASIH MENCARI OBAT YANG COCOK DAN BERKWALITAS TINGGI...SAYA REKOMENDASIKAN COBA PROUDUK KESEHATAN TIEN ( SEPERTI MUNCHORD dll...) YANG BRKWALITAS TINGGI DAN SUDAH MEMILIKI JUTA'AN PEMAKAI DAN TESTIMONI DARI MASYARAKAT DAN DOKTER SPESIALIS DI INDONESIA DAN DI LUAR NEGRI, TINGKAT KESEMBUHAN SUDAH TIDAK DI RAGUKAN LAGI...DAN AMAN TANPA EPEKSAMPING...SELAIN ITU KAMI JUGA MELAYANI PEMERIKSA'AN GENETIKA YANG SANGAT LUAR BISA DAN YANG SANGAT AKURAT 99% DAN MELAYANI RAWAT DI RUMAH SAKIT INTERMASIONAL TAI JI SUN TIENS DAN RAWAT JALAN YANG DI MILIKI PRUSAHA'AN TIEN. ANDA MINAT SEMBUH SECARA NYATA DAN MENJADI TESTIMONI SELANJUT NYA  HUB SAYA IYUS TIEN BBM D349C031 ATAU EMAIL TIENIYUS@GMAIL.COM
TINGKAT KESEMBUHAN INSYAH ALLAH 90% .
JIKA ALLAH MENGIJINKAN 100% PASTI SEMBUH.
YANG PENTING MAU MENCOBA NYA SPRTI KAMI.

Gerai Sahlaa mengatakan...

Mba mau tanya bagaimana hasil terapi wortel nya apakah benjolan nya mengecil atau bgmn mba.? Thanks

Unknown mengatakan...

mau nny donk teman teman sekalian kira kira ada yg tau ga yah biaya operasi fam utk thun 2016 kmrn kisaran brp & rs mana ?

pencari ilmu mengatakan...

mba dulu pas operasinya berapa lama rawat inap di rumah sakit??

Unknown mengatakan...

Mba ak butuh ngobrol dgn mba ni email ak finasugita64@gmail.com ak ingin tau cara sm dosis wortelny sgimna?

Unknown mengatakan...

Ass. wr.wb
Saya Novi(24th) mau sharing juga, tgl 24 Nov 2016 lalu sy pertama kali ngerasa ada benjolan kecil di ketiak kanan wktu mandi pagi, siang ny sy lgsg ke dr bedah di rs. myria palembang. dr sih bilang ga tau itu apa jenis benjolannya, yg pntg d usg dlu biar jelas. 25 sy usg mammo,26 hasilnya, sy baca hasil diagnosa ny, ada FAM 2,1cm. 29 sy konsul ke dr dan lgsg d sruh op, lebih segera katanya. krn sy lg sibuk kepentingan akademik akhirnya baru rawat inap 3 jan,trs puasa ny 4 jan jam 10 pagi op ny jam 4 sore, kelar ny jam 5an, klrga d pggl buat liat hasil fam ny, trnyta lumayan gede kyk jempol org dewasa,kenyal2,agak keras kyk penghapus gitu,trus bau anyir darahh, untung d foto jg buat evaluasi,sekalian kenang2an. sy kluar ruang pemulihan jam 6an sore. rada2 mulai sadar jam 9an malem, itu juga krna kelaperan makan sdkt roti2 gitu trs bangun yg bnr2 pulih jam 8an pagi besok nya. luka ny jg cuma d lem,d tutup perban anti air, jdi d bolehin mandi. krna sy masih sibuk akademik jdi tgl 11 uda kluar ruma,bolak balik,yah bsa di blg mobilitas ny agak tggi, akhirnya tgl 16 kmrn kerasa nyerii sekali, pas dibuka plesternya trnyta lem'an ny rada kebuka gitu, jdi d sruh istrht d ruma aja. trs bnr kyk bbrap crta mba2 yg laen, d sekitar area luka ny kerasa kyk rada keras2 gitu, kata dr itu kyk kenceng,butuh istirahat. dr ny jg blg lem ny bagus,bisa cepet kering, tapii untuk jaringan di dalem ny butuh waktu 3-4 minggu, jdi sebaiknya istirahat di ruma aja,jgn trlalu byk aktivitas.

alhmdllh sy bisa nemu blog ini,bsa ktmu tmen2 senasib,sepenyakit.
saya mau dong sharing2 gitu sm mba2 yg lain,
bisa email ke saya
8novifitriana8@gmail.com

terima kasih jga sharing ny mba noviana,sgt membantu cerita ny.
wassalam

Unknown mengatakan...

Hai mbak ,3minggu saya juga baru nyadar ada benjolan dikanan kemaren saya k rs tp cm diraba" doang sm doknya trs dblg hrs dioperasi dan itu blm dironsen tp katanya gkusah ,saya msh bimbang nih mbak soalnya sya blm operasi msh nunggu jadwal operasi saya. Dan saya jg tkt klo dioperasi bekas jahitannya gkbs ilang ,apakah bekas jahitan nya bisa hilanng? Jd yg mau ksh saran tlg kirim k email saya bellafebyola8@gmail.com
Trmksh

Ayu isnae mengatakan...

Sama mba aku juga abis operasi dan setelah itu terasa keras gitu dan jahitannya tidak di lepas.

septi mengatakan...

Assalamualaikum ka aku msh 18thn udh operasi juga hehehe mau nanya bekas operasinya gimana yaaa kaka dicabut benangnya?? Aku takut dehh. Tolong bantu jawab yaa kakakaka hehehe
Shareing pengalaman ke putripertiwi.septiani@gmail.com yaa kaa makasihh

fatma hanapi mengatakan...

Assalamu alaikum..saya juga mau sharing nih..�� sy fatma (24th) dri Makassar. Waktu tgl 20 kmrin sya sdh operasi fam..seminggu lagi sisa tunggu hasil lab utk tahu apa tumornya jinak atau ganas..buat teman2 sekalian..klo ngerasa ada benjolan, sebaiknya segera di konsul ke dokter. Dan sebagai saran nih, coba minum daun benalu..Insyaa Allah ada perubahan baik untuk mengurangi nyeri akibat fam dan bisa membuat ukuran fam nya mengecil. Makasih..
Wassalam

fatma hanapi mengatakan...

Assalamu alaikum..saya juga mau sharing nih..�� sy fatma (24th) dri Makassar. Waktu tgl 20 kmrin sya sdh operasi fam..seminggu lagi sisa tunggu hasil lab utk tahu apa tumornya jinak atau ganas..buat teman2 sekalian..klo ngerasa ada benjolan, sebaiknya segera di konsul ke dokter. Dan sebagai saran nih, coba minum daun benalu..Insyaa Allah ada perubahan baik untuk mengurangi nyeri akibat fam dan bisa membuat ukuran fam nya mengecil. Makasih..
Wassalam

Anonim mengatakan...

kalau ada grup yang memiliki penyakit ini, mau dong aku gabung ?

meiga tridiana mengatakan...

haii mba semuanya!!!!
saya punya benjolan yang sama di sebelah kiri dan itupun fam.
sampai sekarang saya belum di oprasi, saya takut banget mbaa..
saya harus gimana dong? umru saya baru 18 tahun ini.

Unknown mengatakan...

Sma mba saya jg mmgalami hal sperti mba.. Mau kmbali lg k dokter rasa nya takut... Tp agak cemas karna keras d bagian bekas oprasi itu..apakah hal yg wajar ya...?

Unknown mengatakan...

Blog yg bagus utk saling sering penyakit seputaran payudara. Terima kasih utk mba yg punya blog ini Kebetulan saya hari ini baru selesai periksa dr.spesialis onkology di rs. Siloam karawaci dengan hasil kista sudah besar di payudara kiri, dan sekitar 2 kecil2 dikanan. Akhirnya direkomendasikan dokter onko utk usg dan memmo di hari yg sama dan dibacakan hasil dihari yg sama supaya hasilnya lebih baik. Memmo cukup sakit karena di press PD nya, tetapi USG tidak sakit. Dr.radiology saat usg sudah memberikan hasil yg mengembirakan dgn mengatakan itu kista, dan hampir semua wanita akan mendapatkan kista. So dr. Radio sampaikan jgn kwatir dan sedih, karena bukan tumor ganas. 1 jam hasil sudah didapat dan balik ke dr. S.onko, hal yg sama juga disampaikan ini kista, tidak ada obat, jangan makan kacang2an, goreng2an, olah raga teratur, tidur teratur, makan sayuran dan buah. Dan harus turunkan berat badan 5 kg, pada saat 3 bln utk periksa dan usg lagi. Saya saat bersyukur padaNya yang sudah memberikan dan terima kasih sama dok.utk hasilnya, tetapi jika benjolannya masih ada 3 bln berikut pada saat periksa kembali dan usg. Berarti ada something wrong yg harus diwaspadai or mungkin itu harus dilakukan operasi. Saya doakan semoga survivor kista payudara di blog ini diberikan sehat selalu dan mba yg sudah di vonis cancer, s3lalu optimist dan cepat sembuh. Amiin

Unknown mengatakan...

q jg habis operasi FAM kmren tnggl 18-03-2017 alhamdulillah sudah kering bekas jahitany...tp kerakny blum nglupas semua baru yng pinggir2ny,yng tengah blum nglupas msih bopeng

Unknown mengatakan...

Aq juga baru selesai operasi payudara tgl 22 maret 2017 tepatx tumor mammae (jinak) tapi ini uda yg ke 3 kalix payudara sebelah kanan & kiri mungkin muncul lagi krn pola makan yg tdk sehat jadi dsarankan oleh dokter u tdk makan makanan instan & daging merah.

Unknown mengatakan...

Hi mba, aku juga udah usg dan dokter bilang tumor jinak, dan aku jg lagi menyusui. tetep harus operasi tapi masih punya waktu sampe selesai menyusui 2tahun, karna di payudara banyak asi nya jadi kalo di operasi sekarang takut menyebar tumor nya, kata dokternya sih gitu. Cuma tetep harus pengecekan berkala 3bulan balik ke dharmais lagi, usg lagi ukuran tumornya membesar ga, kalo membesar ya mau ga mau di operasi saat itu juga kalo ukurannya tetep atau mengecil masih aman buat nunggu, karna wajarnya pertumbuhan tumor jinak itu lambat, hitungannya tahunan. Jadi masih ada waktu menyusui dulu insya Allah. Semoga kita semua cepet sembuh yaa, aamiin.

Unknown mengatakan...

Sharing jg dong mbak.. Ini kali ke 2 saya oprasi FAM ditempat yg sama(payudara kiri) dan setelah oprasi dtempat bekas oprasi jg agak keras?&padat kira2 ada yg tau apakah itu normal? Karna dulu wktu pertama oprasi ga ada hal2 kya gt.. Waktu tanya ke dokter itu hanya trauma luka dalam.. Mohon bantu jawab klo ada yg tau.. Makasii. :)

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum mba Noviana, terimakasih sharingnya sangat membantu.. saya juga insha Allah akan operasi FAM tapi saat ini sedang terapi obat tranexamic acid krn hasil cek lab pembekuan darah saya blm normal. Yang ingin saya tanyakan apakah mba Nov atau teman-teman disini ada yg senasib dgn saya terapi dgn obat tsb? Dokter juga sempat bilang saya akan disuntik vit K (sama hal nya untuk pembekuan darah namun disuntik saat operasi)
Jika ada yg sama kasus dengan saya, mohon pencerahannya :)

Unknown mengatakan...

Selamat sore . Sya jg akan berbagi tntang pengalaman oprasi FAM . tgl 7 juli lalu saya periksa payudara di sebuah rs di surabaya. Awal ny sejak saya sekolah pun saya ngerasa ada bebjolan . Tapi sya kira itu benjolan biasa . Setelah saya kerja benjolan nambah lagi di sbelah kanan . Karena saya takut ada apa apa . Saya beranikan diri periksa di rs surabaya . Dan hasil nya benar ada benjolan di payudara kanan dan kiri saya . Di kanan ada 2 dan di kiri ada 1 jadi total ny 3 😣 dokter menyarankan untuk di oprasi karena ukuran sdah besar . Sekitar 3 smpe 4 cm . Sya belum berani di oprasi . Lalu saya periksa di 2 rs di malang . Trnyta hasil ny dan ptunjuk dokter jg sama . Akhir nya saya beranikan diri untuk tgl 19 juli kmren saya oprasi benjolan payudara . Sayabdateng ke rs tgl 19 pkul 06.00 . Pkul 08.00 saya masuk ke ruang oprasi untuk di pasang infus . Trnyta jarum infus pun berulang kali disuntikan ke tangan saya tp nggk bsa masuk . Akhir ny setelah kurang lbih 1 jam berhasil kg pemasangan ny . Pkul 09.00 oprasi d mulai . Mrmang bner ruang oprasi sangat sangat menankutkan bagi saya . Tp alhamdulilah dokter nya super duper baik dan ramah banget . Sya di suntik bilius dan bbrpa detik stelah nya sya sdah nggak inget apa apa lagi . Saya bangun sudah ada di ruang pemulihan . Alhamdulilah oprasi berjalan dengan lancar . Dan hasil ny memang benar benjolan selama ini adalah benjolan FAM . memang nyeri tp kan ada obat ny jadi 2 hari nyeri sdah mulai hilang . Semoga bermanfaat . Dan semoga benjolan itu tdk akan pernah ada lagi di payudara sya . 😇

Anonim mengatakan...

jika ada benjolan segeralh periksa ke dokter Spb,jangan menunggu benjolan itu membesar atau sakit .
sy juga sdh legah setelah di op FAM dan sdh gak ada benjolan lagi.
kurang lebih cerita saya kayak mbak Noviana.
( pengalaman seseorang lbh berharga dan sangat membantu kita melakukan sesuatu)

Unknown mengatakan...

apakah operasi tumor harus opname apa bisa langsung pulang, terima kasih

Unknown mengatakan...

Mbak
Apa kah ada perubahan ukuran di payudaranya setelah oprasi

Unknown mengatakan...

Halo mba sitta, maaf ingin tanya operasi tumor pada kedua payudara mba apakah dilakukan dihari yg sama mba? Aku juga insha Allah akan operasi minggu ini

Unknown mengatakan...

Mba operasinya apakah langsung di kedua payudara pada hari yg sama? Aku bingung bgt katanya ga bole ya operasi langsung di kanan kiri, harus ada jeda. Apa benar? :(

Unknown mengatakan...

Saya baru +10 hari pasca operasi tumor payudara, kesan pertama saya habis operasi adalah lega. Walaupun bekas operasinya yg menurut saya agak berantakan krn ditempeli drain dg alasan bisa mengeluarkan cairan agar tidak terjadi penumpukan di dalam payudara saya. Sayangnya drain yg harusnya dibuka 3 hari pasca operasi malah dibuka bareng dengan benang jaitan. Sehingga kulit yg ditempeli drain tadi malah seperti menganga sedikit terbuka dan ada nanahnya. Sekarang keluarga di rumah sedang kelimpungan memikirkan bagaimana cara mengeluarkan nanah yg sudah terlanjur mengeras. Mengingat biaya konsultasi ke dokter disini begitu mahal. Apakah luka bekas sayatan ini lama kelamaan akan kering ? Saya merasa seakan tidak mendapat pelayanan yg penuh, krn dokter yg saya datangi saat konsul bukanlah yg membedah saya saat operasi. Semoga yg akan operasi Fam diberikan keteguhan untuk tindakan operasi. Menurut saya operasi lebih menjanjikan kesembuhan dibanding dengan obat2an alternatif. Terima kasih atas infonya, saya jd bisa share pengalaman juga di blognya mba.. Salam sehat

Unknown mengatakan...

Iya nih aku juga habis operasi ud 11hari.aku coba raba pelan2 kok masih agak keras dan padat gtu. Bahaya ga ya?

Posting Komentar